Pendidikan

SMA Negeri Tiga Teladan Bukittinggi UNBK dengan Tiga Jurusan

HaloBukittinggi : Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2016/2017, Senin (10/4/2017), di SMA Negeri Tiga Teladan Bukittinggi berjalan aman dan lancar, seluruh siswa hadir, tidak ada terkendala soal server atau jaringan, listrik mati, serta tidak ditemukan kecurangan.

Kepala SMA Negeri Tiga Teladan Bukittinggi Amri Jaya, mengatakan, peserta UNBK yang untuk pertama kalinya diadakan untuk tingkat SMA ini sebanyak 358 orang, terdiri dari siswa jurusan IPA 218 orang, jurusan IPS 115 orang, dan jurusan Bahasa sebanyak 25 orang, dibagi kedalam tiga sesi.

“Untuk sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB, sesi kedua 10.30 hingga 12.30 WIB, dan sesi ketiga pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, serta pembagian sesi ini disesuaikan dengan jumlah komputer dan jumlah siswa yang mengikuti UNBK,” terangnya.

Teknis pelaksanaan UNBK sambung Amri Jaya, terbagi kedalam empat lokal atau labor komputer, masing-masing lokal berisikan 30 komputer, dengan satu server cadangan, diawasi satu orang pengawas yang ditugaskan secara silang, satu orang proktor yang bertugas mengawasi server, dan satu orang teknisi yang bertugas mengawasi kelancaran jaringan internet.

Menurut Amri Jaya, mata pelajaran yang diujikan hari ini Bahasa Indonesia, hari kedua Selasa besok Matematika, hari ketiga Rabu Bahasa Inggris, dan hari keempat terakhir Kamis mata pelajaran pilihan sesuai jurusan masing-masing siswa.

Amri jaya menambahkan, untuk kelancaran UNBK ini, pihak sekolah sebelumnya telah mengadakan simulasi secara nasional sebanyak tiga kali, try out dengan lembaga pendidikan sebanyak tiga kali, serta diharapkan dengan persiapan yang matang itu, seluruh siswa mampu menjalani UNBK, dan mendapatkan nilai yang maksimal, serta mampu melanjutkan ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, sesuai 50 persen jatah yang dapat dimanfaatkan seluruh siswa.

“Dalam aturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), UNBK bukan lagi menjadi penentu utama kelulusan siswa, namun secara prinsip hasil UNBK akan ditambah dengan nilai Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN), berikut nilai rapor dari semester satu hingga enam, serta rapat penentuan kelulusan dari kepala sekolah dan majelis guru,” ulasnya.

Sementara untuk kelancaran teknis saat pelaksanaan UNBK ini, sebelumnya pihak sekolah telah menyurati telkom untuk persoalan jaringan pendukung server, dan menyurati pln untuk kerjasama listrik, agar tidak mati selama pelaksanaan UNBK.

Seluruh SMA di Kota Bukittinggi tahun ini mengikuti UNBK, dan khusus di SMA Negeri Tiga Teladan sambung Amri Jaya, terbagi pada tiga jurusan, yakni IPA, IPS dan Bahasa, satu-satunya sekolah yang mengikuti UNBK dengan tiga jurusan di Kota Bukittinggi.

“Sistem UNBK ini memiliki keuntungan dari Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), karena UNBK lebih simpel soal dan lembar jawaban di download melalui server, tidak lagi melalui proses distribusi dan pengamanan berlapis, sehingga pada UNBK tingkat kebocoran lebih minim, begitu juga dari segi pengawasan UNBK tidak terlalu banyak melibatkan pengawas, karena lokal yang dipakai juga sedikit, berbeda saat sistem UNKP yang membutuhkan banyak pengawas dan lokal ujian,” tukasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top