Pendidikan

UNBK 2017, SMK Negeri 1 Bukittinggi Targetkan Peningkatan Prestasi

 

HaloBukittinggi : Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK dimulai serentak hari ini Senin (3/4/2017) hingga Kamis (6/4/2017) mendatang, seperti halnya di SMK Negeri 1 Bukittinggi ujian tahun ajaran 2016/2017 ini diikuti 446 siswa dari 12 kompetisi keahlian.

Kepala SMK Negeri 1 Bukittinggi Yon Afrizal, mengatakan, pelaksanaan UNBK dibagi kedalam tiga shift dalam satu hari dengan waktu ujian 120 menit. Shift pertama dari pukul 07.30 hingga 09.30 WIB, shift kedua mulai pukul 10.30 hingga 12.30 WIB, dan shit ketiga berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

“Secara umum pelaksanaan unbk hari pertama ini berjalan dengan aman dan lancar, seluruh siswa hadir, pengawas ujian yang ditugaskan secara silang juga hadir seluruhnya, serta server atau komputer yang dipergunakan juga tidak ada yang bermasalah,  sehingga tidak menimbulkan kepanikan bagi para peserta ujian,” jelasnya.

Menurut Yon Afrizal, di SMK Negeri 1 ini siswa yang mengikuti UNBK terbagi kepada delapan lokal atau labor komputer, masing-masing lokal berisikan 20 siswa yang didampingi satu orang pengawas, dan satu orang proktor yang bertugas mengawasi server yang telah di set dari penyelenggara pusat.

Seluruh siswa di SMK Negeri 1 sudah siap menghadapi UNBK ini, hal itu tidak terlepas dari persiapan yang dilaksanakan pihak sekolah sejak awal semester, mulai dari belajar tambahan khusus, simulasi, serta try out yang seluruhnya dievaluasi oleh setiap guru mata pelajaran, serta ditargetkan dengan persiapan yang matang itu nilai siswa nantinya dapat meningkatkan peringkat sekolah baik di Kota Bukittinggi maupun di Sumatera Barat.

Yon Afrizal menambahkan, didalam satu lokal ujian juga terdapat satu server cadangan yang digunakan apabila terjadi kendala saat server yang dipakai peserta ujian mengalami masalah, disamping itu untuk kenyamanan saat berlangsungnya UNBK di SMK 1 Bukittinggi juga ditempatkan satu orang teknisi yang bertugas mengawasi server di setiap lokal ujian.

“Pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini, SMK Negeri 1 Bukittinggi menargetkan seluruh siswa lulus, dan mampu memperbaiki peringkat yang ditahun sebelumnya berada di urutan ke empat di Kota Bukittinggi, dan menempati posisi sepuluh besar di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” tukasnya.

Untuk mencapai target itu sambung Yon Afrizal, seluruh persiapan telah dilakukan pihak sekolah, agar 446 siswa yang mengikuti UNBK matang secara persiapan, pelaksanaan, dan hasil yang diharapkan nanti.

“Pelaksanaan UNBK lebih kepada melatih kejujuran siswa, karena secara prinsip nilai yang diperoleh saat unbk bukan penentu utama kelulusan siswa, karena dalam penghitungannya juga akan mengacu pada hasil nilai Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN), ketuntasan mata pelajaran dari semester pertama diatas atau sama dengan rata-rata, serta pengukuhan dalam rapat kepala sekolah bersama guru,” ujarnya.

Menurut Yon Afrizal, UNBK merupakan suatu proses pemetaan secara nasional untuk mengukur kemampuan siswa apakah nantinya sudah layak atau tidak memasuki perguruan tinggi, dan sebagai kompetisi dalam menghadapi dunia kerja, karena nilai keseluruhan yang diperoleh siswa nantinya akan menjadi tolok ukur yang akan dievaluasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pelaksanaan UNBK sambung Yon Afrizal, lebih ketat dari ujian nasional yang dahulunya dilaksanakan secara tertulis, server atau komputer yang digunakan dapat dibuka dengan password yang dimiliki siswa, soal yang dihadapi siswa juga berbeda satu sama lainnya, secara otomatis hal itu akan mengurangi kecurangan yang terjadi, dan diharapkan seluruh siswa di SMK 1 Bukittinggi dapat mengikuti unbk dengan baik, serta memperoleh hasil yang maksimal. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top