Pendidikan

Menakjubkan, SD Swasta Al-Azhar Bukittinggi Terbitkan Buku Puisi Karya Siswa dan Guru

HaloBukittinggi : SD Swasta Al-Azhar Bukittinggi menerbitkan buku puisi yang ditulis oleh para siswa dan majelis guru. Buku yang diterbitkan itu sudah memiliki ISBN (International Standard Book Number) dan telah  diedarkan ke beberapa daerah di Indonesia.

Wakil Kepala SDS Al-Azhar Bukittinggi Doni Aizus Idris, Kamis (30/3/2017), mengatakan, hingga saat ini SDS Al Azhar telah menerbitkan sebanyak lima buku dengan judul yang berbeda. Buku yang diterbitkan itu isinya ditulis oleh oleh para siswa dan majelis guru mulai dari siswa kelas I hingga siswa kelas VI.

Penerbitan buku itu bertujuan untuk mendukung gerakan literasi secara nasional. Sebab, gerakan literasi itu tidak hanya digaungkan oleh para pegiat literasi seperti Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Komuitas atau perpustakaan, akan tetapi juga  digaungkan oleh sekolah. Oleh karena itu,   SDS Al-Azhar Bukittinggi  mendukung gerakan literas tersebut dengan menggerakkan gelora gemar membaca dan menulis bagi siswa dan majelis guru.

“Gerakan literasi di SDS Al-Azhar  dimulai dari penerbitan buku puisi yang ditulis oleh siswa dan majelis guru. Dalam pembuatan buku puisi ini para siswa dilatih oleh majelis guru dalam kelas untuk menulis puisi. Sehingga setiap harinya siswa dan guru menghasilkan satu buah puisi yang kemudian puisi tersebut dikumpulkan dan dibukukan secara bertahap untuk dicetak,” terangnya.

Menurut Doni Aizus Idris, pengenalan literasi dan semangat menulis kepada siswa didik sangat penting. Untuk itulah  pihak sekolah membuat gerakan yang agak berbeda, yakni dengan membuat buku puisi yang ditulis oleh siswa dan majelis guru. Buku yang diterbitkan itu merupakan bagian dari gerakan literasi dan gemar membaca di SD AL-Azhar.

“Pihak sekolah dan para siswa sangat senang dan mengapresiasi atas penerbitan buku yang ditulis tersebut. Karna gerakan literasi yang diterapkan sangat berdampak terhadap siswa, dimana siswa tidak hanya gemar dalam membaca buku, tapi meraka juga gemar dalam menulis,” ujarnya.

Untuk mendukung gerakan literasi secara nasional ulasnya, SDS-AL-Azhar juga mengadakan kegiatan to day story, dimana para siswa membaca sebuah cerita dan memberikan tanggapan terhadap sebuah cerita yang dibaca tersebut. Dan kegiatan gerakan literasi di SD Al-Azhar sudah dijalankan lebih dari satu tahun yang lalu.

“Berkat budaya literasi yang diterapkan, alhamdulillah, Kepala SDS Al-Azhar Bukittinggi meraih juara I tingkat nasional dalam lomba Penulisan Best Practice bagi kepala sekolah tahun 2016, setelah membuat karya tulis berjudul Program Budaya Literasi  di SDS Al-Azhar Bukittinggi,” jelasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top