Pendidikan

Sukseskan UNBK, Disdikbud Bukittinggi Gencar Sosialisasi pada Teknisi Komputer dan Protor Sekolah

Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tinggal beberapa bulan lagi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bukittinggi, optimalkan sosialisasi persiapan pelaksanaan kepada teknisi komputer dan proktor di sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Bukittinggi, Almisri, mengatakan, kegiatan itu agar mereka paham tugas yang dilaksanakan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK.

“Proktor bertanggungjawab terhadap server Selama UNBK berlangsung sehingga perlu sosialisasi dulu agar tidak ada kendala selama ujian,” jelasnya, Senin (20/2/2017).

Kegiatan itu dilaksanakan di SMKN 1 Bukittinggi yang merupakan salah satu sekolah induk penyelenggara UNBK di Bukittinggi.

Sementara itu Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) SMKN 1 Bukittinggi, Nazman menjelaskan teknisi dan proktor harus mengetahui prosedur yang dilakukan sebelum, saat dan sesudah ujian berlangsung.

“Proktor bertugas mengawasi mulai dari komputer dinyalakan hingga dimatikan. Saat ujian nanti satu proktor bertugas di satu ruang ujian,” terangnya.

Menurut Nazman, langkah menyalakan komputer hingga mati mengikuti prosedur dan harus runut agar tidak menimbulkan risiko kerusakan sistem.

Teknisi bertugas terhadap hal yang bersifat teknis seperti memperbaiki komputer bila terjadi kerusakan saat ujian berlangsung dan di setiap sekolah minimal harus ada satu orang teknisi,” ulasnya.

Selanjutnya, sebelum pelaksanaan ujian, teknisi dan proktor bekerjasama menjaga server setelah terkoneksi dengan pusat dan mengunduh soal ujian agar tidak diganggu pihak tertentu karena dikhawatirkan mengganggu sistem.

“Langkah-langkah dan tugas ini yang perlu disosialisasikan mengingat pelaksanaan UNBK bagi tingkat SMP baru pertama kali dilaksanakan,” ujarnya.

Berdasarkan pengalaman UNBK tingkat SMA tahun sebelumnya, dinilai perlu bagi proktor dan teknisi untuk mempelajari dan memperbarui informasi dari pusat karena aplikasi komputer selalu berkembang.

Sementara bagi pihak pemerintah Kota Bukittinggi atau sekolah sambung Nazman, perlu diantisipasi adanya gangguan jaringan internet dengan menyediakan modem atau kerjasama dengan pihak yang terkait untuk jaminan tidak adanya pemadaman listrik saat ujian berlangsung. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top