Pendidikan

Sebelum Ikuti UNBK, 2.864 Siswa SMP Bukittinggi Ikuti Dua Kali Simulasi

Sebelum mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2016/2017, Sebanyak 2.864 siswa SMP di Kota Bukittinggi akan mengikuti dua kali simulasi.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri, menurutnya, pelaksanaan simulasi dilakukan seperti ujian nasional yang sebenarnya, sehingga siswa tidak canggung lagi saat pelaksanaan UNBK nanti.

“Simulasi ini sebagai salah satu persiapan dan dikondisikan seperti ujian yang sebenarnya agar nanti para peserta ujian tidak canggung karena sudah mengetahui langkah dan suasana ujian,” tukasnya, Senin (20/2/2017).

Menurut Almisri, simulasi pertama dijadwalkan pada 27 dan 28 Februari 2017 dan simulasi ke dua sekaligus gladi bersih dijadwalkan 20 sampai 21 Maret 2017.

“Sebanyak 17 sekolah di Bukittinggi akan mengikuti UNBK, terdiri dari 10 SMP dan MTS negeri dan tujuh SMP dan MTS swasta, bekerjasama dengan 11 SMA swasta dan negeri sebagai sekolah induk,” terangnya.

Selain persiapan bagi para siswa sambung Almisri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga melakukan persiapan terhadap proktor dan teknisi komputer dari sekolah induk dan sekolah peserta UNBK berupa sosialisasi pengawasan dan tugas selama ujian berlangsung untuk kelancaran UNBK.

“Dengan persiapan yang dilakukan kami berharap UNBK dapat berlangsung tanpa gangguan untuk mencapai target integritas karena kecil kemungkinan terjadi siswa menyontek atau soal bocor,” ujarnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top