Pendidikan

UNBK Tingkat SLTP Tahun ini di Bukittinggi Diikuti 17 Sekolah

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  tingkat Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP) di Kota Bukittinggi, akan diikuti sebanyak 17 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi Ellya Makmur, Sabtu (21/1/2017), mengatakan, pelaksanaan UNBK akan dilaksanakan bergabung dengan 11 SLTA yang ada di daerah itu.

“Sesuai instruksi pemerintah mengenai pelaksanaan UNBK, saat ini kami sedang tahap persiapkan kerjasama dengan SMA dan SMK dalam penyelenggaraan UNBK karena jumlah komputer yang tersedia di SLTP masih terbatas,” jelasnya.

Disamping itu kesiapan setiap sekolah juga harus dinyatakan dalam bentuk surat pernyataan dan disampaikan pada Dinas Pendidikan Sumatera Barat.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Almisri menambahkan 17 SLTP yang akan mengikuti UNBK terdiri dari 10 SMP dan MTs negeri dengan siswa berjumlah 2.457 orang dan tujuh SMP dan MTs swasta dengan siswa berjumlah 411 orang.

“Bila dilihat dari ketersediaan sarana komputer, semula hanya SMPN 2 dan SMPN 4 yang akan melaksanakan UNBK namun karena arahan pemerintah provinsi terkait pelaksanaan UNBK, maka semua SLTA harus siap menampung semua siswa SLTP sehingga disiapkan kerjasama untuk penyelenggaraan UNBK,” terangnya.

Menurut Almisri, pembagian tempat UNBK SLTP yang ditumpangkan ke SLTA itu salah satunya dilakukan dengan memperhatikan jumlah siswa antar sekolah.

“Jadi tidak boleh satu SMP ditempatkan ujian di dua SMA sehingga penempatan disusun dengan memperhatikan jumlah siswa. Kemungkinan pelaksanaan ujian akan dibagi dalam bentuk shif karena ada SMA yang menampung dua sampai tiga SMP,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Komisi II DPRD Bukittinggi Rismaidi, mendukung pelaksanaan UNBK karena akan mengefisienkan pelaksanaan ujian dan mencapai target integritas karena kecil kemungkinan adanya kebocoran soal maupun siswa menyontek.

“Kami harap persiapan mulai dari komputer, teknisi dan sarana lainnya dilakukan dengan matang. Sekaligus diminta pada pihak sekolah agar secara optimal memberi arahan bagi siswa agar dapat mengatur waktu belajar dan istirahat dengan baik sehingga dapat fokus saat ujian nanti,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top