Pendidikan

Walikota Lepas 1.100 Bibit Ikan Nila di SMPN 3 Bukittinggi

Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias menyerahkan sebanyak 1.100 bibit ikan nila nirwana kepada SMPN 3 Bukittinggi. Bibit ikan tersebut di lepas secara langsung oleh Walikota di tiga kolam yang berada di pekarangan sekolah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ramlan Nurmatias mengapresiasi kreatifitas dan inovasi sekolah dalam mengembangkan usaha mandiri. Karena menurutnya kegiatan tersebut dapat melatih jiwa kewirausahaan siswa dan guru serta memiliki nilai ekonomi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sekolah.

“Inovasi dan kreatifitas yang dimiliki jajaran SMPN 3 inilah yang kita apresiasi. Karna apa yang dilakukan SMPN 3 ini tentunya diharapkan mendapat contoh bagi sekolah sekolah lainnya untuk berbuat yang sama.Sehingga semua sekolah di kota ini memiliki kegiatan yang bermamfaat, tidak saja untuk sekolah dan murid,namun juga bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Ramlan Nurmatias berharap SMPN 3 dapat menjadi panutan bagi sekolah lain untuk tetap memanfaatkan lingkungan sekolah dan melakukan inovasi-inovasi di bidang pendidikan. Apalagi sekolah ini meruapakan salah satu sekolah adiwiyata tingkat nasional dan menjadi salah satu titik pantau penilaian Adipura.

Menurutnya, pemerintah daerah akan terus memberikan perhatian bagi pengembangan sekolah-sekolah di Kota Bukittinggi. Baik dari segi infrastruktur penunjang maupun dalam hal peningkatan kualutas SDM tenaga pengajar.

Sementara itu Kepala SMPN 3 Bukittinggi Zulfia mengatakan, kolam ikan sekolah yang ada itu  didanai oleh jajaran guru dan alumni, dengan tujuan untuk media pembelajaran bagi murid SMPN 3 dan dapat menjadi sarana pembekalan bagi siswa untuk berwirausaha.

Sebelumnya kata Zulfia, sekolah juga telah mengembangkan usaha mandiri, yaitu pemanfaatan produk daur ulang. Usaha yang turut melibatkan siswa itu terbilang sukses dari segi ekonomi dan pengembangan jiwa kewirausahaan siswa.

“Kami berterima kasih atas bantuan dan  perhatian yang diberikan Pemko kepada sekolah. Dan bantuan bibit ikan yang diberikan itu  akan kami maksimalkan pemanfaatannya. Karna niat untuk membuat kolam di pekarangan sekolah merupakan jawaban atas tantangan dari sebagian orang yang menganggap ide tersebut tidak mungkin,” ungkapnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top