Pendidikan

Mahasiswa Bung Hatta, Kuliah lapangan di PPBH Bukittinggi

Sekitar 100 orang mahasiswa Program studi (Prodi) Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Bung Hatta, melakukan kuliah lapangan di Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Hatta (PPBH) Bukittinggi.

Mahasiswa yang melakukan kuliah lapangan ini didampingi langsung oleh Ketua Prodi Teknik Mesin, Imam Satria beserta dosen seperti Ikbal, Wirnita Eska, Darwiyanis dan Taufik. Dalam kuliyah lapangan yang dilaksanakan, mahasiswa tidak hanya mendengarkan pemaparan tentang sejarah dan profil Bung Hatta yang disampaikan  oleh Kepala UPT PPBH, Purwanto, tetapi mahasiswa juga dapat membaca arsip arsip buku dari peninggalan Bung Hatta.

Disamping itu mahasiswa juga diperlihatkan tentang film-film dokumenter perjuangan Bung Hatta serta perjalanan karir politiknya, hingga keberhasilannya dalam memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Mahasiswa juga diajak untuk melihat rumah kelahiran Bung Hatta.

Ketua Prodi Teknik Mesin melalui dosen  Wirnita Eska mengatakan, kegiatan kuliah lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi Teknik Mesin di PPBH ini merupakan salah satu pelaksanaan dari mata kuliah Kebunghattaan yang ada di Universitas Bung Hatta.

Kuliah lapangan ini juga dimaksudkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswatentang sejarah dan profil dari sang proklamator RI  yang di lahirkan di Bukittinggi, sekaligus guna menyempurnakan teori yang telah mereka peroleh selama masa perkuliahan.

Menurutnya, mata kuliah Kebunghattaan ini merupakan mata kuliyah wajib bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta. Oleh karena itu sangat tepat rasanya mahasiswa melaksanakan kuliyah lapangan di Perpustakaan Bung Hatta. Karna disini mereka akan mengetahui banyak hal terhadap sejarah Bung Hatta dan keberadaan Perpustakaan Naional ini.

“Kuliah lapangan di PPBH ini bertujuan untuk mengenalkan lebih jauh tentang sosok dan keteladanan dari Bung Hatta kepada mahasiswa. Serta seperti apa pola pikir dan kepribadian Bung Hatta dalam upaya memproklamirkan kemerdekaan indonesia. Sehingga nantinya para mahasiswa bisa termotivasi dan giat membaca seperti yang dilakukan Bung Hatta,” ujar Wirnita.

Sementara itu Ketua Rombongan kuliyah lapangan, Ikbal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala UPT PPBH yang telah menerima rombongan mahasiswa dan dosen guna melakukan kuliyah lapangan di PPBH ini.

“Banyak hal yang bisa dipelajari oleh mahasiswa di PPBH Bukittinggi ini, “ pungkasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top