Pendidikan

Meriahkan Tahun Baru Islam, Osis SMAN 1 Unggul Bukittinggi Gelar Sejumlah Perlombaan

OSIS SMAN 1 Unggul Bukittinggi meriahkan Tahun Baru Islam dengan menyelenggarakan berbagai perlombaan yang bernuansa islami di lingkungan sekolah setempat, Sabtu (1/10/2016).

Kegiatan yang diikuti oleh sejumlah pelajar terbaik dari  SLTA sederajat se Sumbar itu, memperlombakan delapan cabang  lomba, yakni Lomba Cepat Tepat, Kaligrafi, Karya Tulis, MSQ, Nasyid, MTQ, Puisi Da’wah dan Tahfiz Quran.

“Kegiatan yang dilaksanakan OSIS SMAN 1 Unggul ini merupakan agenda tahunan dari anggota  OSIS yang tergabung dalam Forum Studi Islam (FSI),” ujar Kepala SMAN 1 Unggul Bukittinggi, Mardison, Senin 3 Oktober 2016.

Menurutnya, sejumlah perlombaan yang bernuansa islami itu sudah menjadi program rutin OSIS SMAN 1 Unggul dibidang keagamaan untuk menanamkan nilai-nilai Islam bagi para siswa sebagai generasi muda penerus bangsa.

Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk membumikan syiar syiar islam dilingkungan sekolah dan ditengah tengan pelajar. Dengan harapan dapat memunculkan generasi muda yang berakhlak mulia.

“Melalui lomba bernuansa islami, kita berharap dapat membentuk siswa yang berakhlak, bertaqwa dan berprestasi. Sehingga nantinya mereka menjadi insan yang unggul dan tangguh,” ungkap Mardison.

Mardison menambahkan, melalui kegiatan lomba yang digelar hendaknya juga menjadi wadah silaturrahmi antar pelajar SLTA se Sumbar. Jadi, lomba ini bukan semata-mata mengejar prestise tetapi utamanya adalah membangun remaja Islam yang cerdas intelektual  dan spritual, serta mampu  menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berbasisikan Iman dan taqwa.

“Jika  pergantian tahun baru identik dengan terompet, maka pergantian tahun baru Islam harus diperingati dengan kegiatan yang Islami, termasuk bertadarus bersama dan mengikuti perlombaan yang bernuansa Islami,” pungkas Mardison.

Adapun hasil pemenang dalam lomba yang dilaksanakan yakni, untuk lomba Tahfiz juara I MAN 1 Bukittinggi, Juara II SMAN 3 Batusangkar dan Juara III diraih MAN 1 Bukittinggi. Lomba Puisi Dakwah, Juara I SMAN 2 Payakumbuh, juara II MAN INSAN CENDEKIA Padang Pariaman dan Juara III MAN 1 Bukittinggi.

Untuk lomba MTQ, Juara I MAN 2 Batusangkar, Juara II MAN Koto Baru dan juara III SMAN 2 Payakumbuh. Karya Tulis Ilmiah, Juara I SMAN 4 Payakumbuh, Juara II SMAN 1 Lubuk Sikaping, Juara III SMAN 1 Bukittinggi. Lomba Kaligrafi, Juara I MAN 2 Batusangkar, Juara II MAS TI Bulaan Kamba Agam dan Juara III SMAN 2 Bukittinggi.

Lomba Nasyid, Juara I SMAN 1 Padang, Juara II SMAN 1 Gunuang Talang Kabupaten Solok dan Juara III SMAN 1 Bukittinggi. Lomba Cepat dan Tepat (LCT) Juara I MAN Koto Baru, Juara II SMAN 1 Kota Pariaman dan Juara III SMAN 1 Bukittinggi. Musabaqah Surahan Quran (MSQ) Juara I MAN Koto Baru, Juara II SMAN 1 Lubuk Sikaping dan Juara III MAN Koto Baru Tanah Datar.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top