Pendidikan

SMAN 1 Unggul Kota Bukittinggi Dipercaya Menjadi Sekolah Rujukan

SMA Negeri 1 Unggul Kota Bukittinggi dipercaya menjadi salah satu sekolah rujukan di Sumbar. Dipercayanya SMAN 1 Unggul sebagai sekolah rujukan dikarenakan sekolah ini berhasil dalam mencapai delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dengan dipercayanya sebagai sekolah rujukan di Sumbar, maka SMAN 1 Unggul Kota Bukittinggi, hari ini Selasa (20/9/2016) menggelar sosialisasi dan peluncuran sebagai sekolah rujukan disumbar di Aula sekolah setempat.

Kepala SMAN 1 Unggul Kota Bukittinggi Mardison mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan akan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumbar, Burhasman. Sosialisasi  diikuti 110 peserta yang berasal dari Kepala  dan wakil kepala SMA baik negeri maupun swasta  se Kota Bukittinggi. Disamping itu juga akan dihadiri oleh jajaran Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi.

“Sosialisasi yang dilakukan sangat penting untuk memahami konsep sekolah rujukan. Karna Pemerintah melalui Kemendikbud mulai tahun ini telah melakukan Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)  dalam pencapaian delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP),” ujar Mardison.

Menurutnya, dari pemetaaan mutu pendidikan yang dilakukan itu, maka ditetapkanlah sekolah rujukan dan sekolah model. Sekolah rujukan merupakan sekolah yang telah mampu mencapai delapan SNP. Sedangkan sekolah model merupakan sekolah yang berpotensi untuk mampu mencapai  delapan SNP tersebut.

“Sekolah rujukan ini ditetapkan selama tiga tahun. Tahun pertama melakukan penataan sumber daya pendidikan. Tahun kedua akan melakukan pengimbasan keberhasilan mencapai delapan SNP kepada sekolah-sekolah yang ada di Kota Bukittinggi. Tahun ketiga membangun kemandirian sekolah dalam memberdayakan sumber daya pendidikan menuju pendidikan yang berkualitas,” terang Mardison.

Terpisah, Kepala Disdikpora Kota Bukittinggi melalui Kabid Sekolah Menengah Erdi, mengakui bahwa SMAN 1 Unggul tersebut dipercaya sebagai salah satu sekolah rujukan di Sumbar. Dan sekolah rujukan itu hanya satu di setiap kabupaten/kota.

“Dipercayanya SMAN 1 Ungggul Bukittinggi sebagai sekolah rujukan di Sumbar karena telah berhasil mencapai delapan SNP. SMAN 1 Bukittinggi akan menjadi rujukan/tempat bertanya  bagi sekolah lain dalam mencapai delapan SNP tersebut. Dan ini tentunya suatu kebanggaan bagi jajaran pendidikan di Kota ini,” pungkas Erdi.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top