Pendidikan

SDN 06 Parit Antang Bukittinggi Menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri

Sukses meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun lalu, kini SDN 06 Parit Antang Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) tengah melakukan persiapan menuju sekolah Adiwiyata Mandiri.

Kepala SDN 06 Parit Antang, Supriyati, Selasa (20/9/2016), mengatakan, tahun ini sekolah yang dipimpinnya itu masuk dalam daftar penilaian calon sekolah Adiwiyata Mandiri 2017. Dari 3 sekolah yang masuk daftar calon sekolah Adiwiyata Mandiri untuk kota Bukittinggi, salah satu diantaranya adalah SDN 06 Parit Antang.

Sebagai salah satu sekolah yang diusulkan untuk meraih penghargaan tertinggi Adiwiyata tersebut, maka pihak sekolah  mulai melakukan sejumlah persiapan untuk penilaian Adiwiyata Mandiri itu, sekaligus melakukan pembinaan terhadap 10 sekolah lainnya yang ada di Bukittinggi.

“Salah satu syarat untuk maju dalam penilaian Adiwiyata Mandiri ini harus memiliki calon sekolah binaan minimal  10 sekolah, dengan harapan sekolah binaan tersebut juga  bisa melangkah menuju sekolah  Adiwiyata,” jelasnya.

Adapun 10 calon sekolah binaan itu ujarnya, yakni SDN 08 Campago Ipuh, SDN 11 Campago Guguk Bulek,, SDN 17 Manggis Ganting, SDS Insan Kamil, SDS Al Ikhwan, SMPN 2, SMPN 6, SMPN 7, SMPN 8 dan SMP Swasta Xaverius.

Untuk melakukan pembinaan terhadap sekolah binaan itu, maka pihak sekolah telah melakukan persiapan dengan melakukan pembentukan tim kelompok kerja (pokja) tehadap majelis guru SDN 06 Parit Antang. Tim pokja ini nantinya akan turun kesekolah binaan dan bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Disamping pembentukan tim ulasnya,  persiapan lain yang dilakukan sekolah  adalah dengan mengoptimalkan pembenahan fisik sekolah dengan sarana dan prasarana yang ada, menyiapkan dokumen dan kelengkapan administrasi yang dibutuhkan saat penilaian, serta merangkul komite, warga sekolah, masyarakat dan stakeholder terkait.

“Kita berharap adanya dukungan dari semua pihak dan stakeholder terkaid,  sehingga nantinya SDN 06 Parit Antang bisa meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri. Karna keberhasilan yang diraih tidak saja untuk prestasi sekolah, tetapi juga untuk prestasi Kota Bukittinggi,” ungkap Supriyati.

Ia menambahkan, Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dan Khutanan (KLHK) dalam upaya mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

“Alhamdulilah, SDN 06 Parit Rantang bisa mewujudkan program Adiwiyata tersebut dengan meraih penghargaan Adiwiyata tingkat kota, provinsi dan nasional. Dan kita berharap Adiwiyata Mandiri juga bisa diraih. Untuk itu kita mohon doa dan dukungan dari semua pihak,” harapnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top