Pendidikan

Disdikpora Bukittinggi Targetkan Akreditasi 10 Paud Tahun Ini

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Bukittinggi, menargetkan mengakreditasi sebanyak 10 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di tahun 2016 ini.

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Luar Biasa, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bukittinggi, Ahmad Saimi di Bukittinggi, mengatakan, saat ini terdapat 105 lembaga PAUD di daerah tersebut.

“Dari 105 itu, yang telah terakreditasi baru sebanyak 20 lembaga. Paling tidak tahun ini akan diakreditasi sebanyak 10 lembaga,” ujarnya, Senin (29/8/2016).

Menurutnya, lembaga PAUD di bawah Bidang PAUD dan Pendidikan Luar Biasa tersebut terdiri dari Tempat Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS) serta Taman Kanak-kanak (TK) di bawah Bidang TK dan SD.

“Selama ini memang terdapat sejumlah kendala dalam melakukan akreditasi itu karena mengacu pada delapan standar sementara PAUD yang ada dibentuk secara mandiri atau diusahakan sendiri oleh masyarakat,” jelasnya.

Delapan standar tersebut terang Ahmad Saimi, yakni standar kompetensi lulusan, isi, proses, tenaga pendidik, sarana dan prasaran, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian.

“Namun kami tetap dorong dan sosialisasikan agar lembaga yang ada dapat memenuhi kedelapan standar tersebut agar mampu memberikan pendidikan yang berkualias bagi anak,” sambungnya.

Dengan adanya akreditasi tersebut, ia menyebutkan, keberadaraan lembaga tersebut artinya telah diakui dan memenuhi syarat dalam menyelenggarakan pendidikan.

“Selain itu, bila sudah akreditasi akan banyak hal yang diperoleh seperti hak dalam penyelenggaraan pendidikan dan mendapatkan alokasi bantuan pendidikan. Kami akan dorong dan sosialisasikan agar PAUD yang ada mendapatkan akreditasi,” ujarnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top