Pendidikan

Penilaian Adiwiyata 2016, Empat Sekolah di Bukittinggi Maju ke Tingkat Nasional

Tiga Sekolah Dasar dan MAN 1 Model Bukittinggi ditetapkan oleh Tim Verifikasi Penilaian Sekolah Adiwiyata Sumbar maju ke tingkat nasional. Sekolah tersebut telah diverifikasi oleh Tim Provinsi minggu lalu dan dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti penilaian tingkat nasional.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Bukittinggi Mardison, Kamis (25/8/2016), menjelaskan, berhasilnya tiga sekolah dasar dan MAN 1 Model memenuhi syarat untuk mengikuti penilaian tingkat nasional, sehingga menambah koleksi  jumlah sekolah di Kota Wisata ini meraih anugrah penghargaan adiwiyata.

“Kita tentu berharap semua sekolah ini di Kota Jam Gadang mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata. Untuk itu, diperlukan komitmen dari pimpinan sekolah, guru dan komite untuk mengujudkan impian itu,” ujarnya.

Mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan sambung Mardison, tidak cukup ingin saja, tambah Mardison. Yang diperlukan adalah aksi nyata untuk merealisasikannya bersama guru, murid, orangtua siswa dan pemerintahan setempat. Mengujudkan sekolah adiwiyata tidak perlu biaya mahal. Yang sangat diperlukan itu adalah semangat dan kreatifitas untuk memanfaatkan barang bekas sehingga menjadi bermanfaat.

Mardison menambahkan, sekolah yang dinyatakan memenuhi syarat maju ke penilaian adiwiyata tingkat nasional itu adalah, SDN 08 Kubu Tanjuang, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, SDN 04 Garegeh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, SDN 12 Bukik Cangang Kecamatan Guguak Panjang dan MAN 1 Model Gulai Bancah Bukittinggi.

“Tim verifikasi dari tingkat nasional, dijadwalkan akan berkunjung ke sekolah tersebut dijadwalkan akhir Agustus ini, dan kepada Kepala diminta Sekolah dapat memperlihatkan bukti fisik yang diperlukan oleh Tim,” terangnya.

Sementara itu Kepala SDN 08 Kubu Tanjuang Tri Murti mengaku telah mengetahui sekolah yang dipimpinnya memenuhi syarat maju untuk mengikuti penilaian tingkat nasional. Pihaknya siap diverifikasi oleh Tim pusat.

“Sekolah yang terletak di perbatasan Agam dan Bukitinggi itu saat ini terlihat cukup bersih, tanaman tumbuh subur dan tertata dengan rapi. Semua elemen mendukung untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata  nasional ini,” jelasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top