Pendidikan

SDN 08 Kubu Tanjung Bukittinggi Menuju Sekolah Adiwiyata Nasional

Sekolah Dasar Negeri 08 Kubu Tanjung Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), baru baru ini  di kunjungi oleh tim verifikasi  sekolah Adiwiyata Nasional.

Tim verifikasi yang datang tersebut didampingi oleh tim Adiwiyata dari Dinas Disdikpora dan tim dari Kantor Lingkungan hidup (KLH) Bukittinggi, Pengawas Sekolah, dan Camat ABTB. Kedatangan mereka disambut oleh Kepala sekolah beserta majelis guru SDN 08 Kubu Tanjung.

“Kunjungan tim verifikasi dari Propinsi Sumbar ke SD Negeri 08 Kubu Tanjung pekan kemarin, dalam rangka untuk melakukan kroscek, melihat dan menilai secara langsung keadaan sekolah yang telah diusulkan untuk menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional,” ujar Kepala SDN 08 Kubu Tanjung Tri Murti, Selasa (23/8/2016).

Dikatakannya, dalam kunjungan yang dilakukan itu, tim langsung melakukan penilaian verifikasi lapangan terkait dengan fisik sekolah, dokumen-dokumen Adiwiyata, kurikulum berbasis lingkungan serta kebijakan sekolah, dan peran serta warga sekolah terhadap Adiwiyata.

Disamping itu, tim juga mendatangi para siswa dalam lokal untuk menghimpun beberapa data tentang pengetahuan dan kesadaran siswa terhadap perilaku kesadaran lingkungan dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata. Dalam penilaian yang berlangsung itu, terlihat tim penilai  melakuka verifikasi se-objektif mungkin.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan tim verifikasi  sekolah Adiwiyata Nasional di SDN 08 Kubu Tanjung, tim verifikasi dapat merekomendasikan SD ini untuk menjadi sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional seperti yang diharapkan oleh warga sekolah,” harap Trimurti.

Menurut Tri Murti, hasil dari penilaian yang dilakukan tim verifikasi dari tingkat sumbar itu nantinya akan dikirim ke pusat. Dan setalah itu barulah tim dari pusat turun kelapangan untuk melakukan kroscek dan penilaian yang sama.

“Dijadwalkan tim Adiwiyata Tingkat Nasional akan turun kelapangan pada September 2016 nanti,” terangnya.

Diakuinya, tim verifikasi dari Sumbar me­ra­sa puas melihat kondisi sekolah yang sudah me­menuhi standar sekolah adiwiyata. Karna secara garis besar  SDN 08 Kubu Tanjung telah memenuhi kriteria pe­ni­laian yang dilakukan. Namun demikian ulasnya, ada yang perlu menjadi perhatihan bagi pihak sekolah yaitu bagaimana pihak sekolah lebih menonjolkan penghijauan dan kerindangan.

“Melihat dari penilaian verifikasi  yang telah dilakukan, kita optimis tahun ini SDN 08 Kubu Tanjung bisa meraih penghargan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional. Apalagi dukungan yang diberikan oleh warga sekolah, wali murid dan masyarakat serta stakeholder terkaid terhadap program Adiwiyata ini,” jelasnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top