Olahraga

Pacu Kuda Wisata Derby Bukittinggi 2017 Disaksikan Ribuan Pasang Mata

HaloBukittinggi : Pelaksanaan Iven pacu kuda Wisata Derby 2017, yang berlangsung di Gelanggang pacuan kuda Bukit Ambacang Bukittinggi, Sabtu-Minggu (8-9 April 2017), berlangsung dengan sukses dan meriah.

Ribuan pasang mata turut memadati gelanggang pacuan kuda untuk menyaksikan pergelaran yang dihelat oleh pengurus Pordasi Bukittinggi-Agam tersebut. Pacu kuda Wisata Derby 2017 ini ditutup secara resmi oleh Walikota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias di Gelanggang Pacuan Kuda Bukit Ambacang, Minggu (9/4/2017)

Dalam penutupan tersebut M. Ramlan Nurmatias menyampaikan apresiasi kepada Panitia pelaksana, Pengurus Pordasi Bukittinggi-Agam dan masayarakat setempat yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan alek nagari pacu kuda Wisata Derby 2017, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung  dengan sukses dan kondusif, sebagaimana harapan yang diharapkan.

Menurutnya, alek nagari pacu kuda ini harus dapat dipertahankan dan dilestarikan sehingga menjadi kalender wisata Bukittinggi setiap tahunnya. Karna Iven yang digelar tidak hanya dapat menghibur masyarakat, tapi juga dapat melahirkan para penunggang kuda (Joki) terbaik yang akan siap berpacu digelanggang pacuan.

“Iven Pacu kuda ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat menghibur masyarakat. Sehingga secara tidak langsung juga mampu mendongkrak dan meningkatkan pertumbuhan laju ekonomi dan kunjungan wisata ke Kota Bukittinggi. Disamping itu, dengan adanya Iven ini maka para peternak dan pemilik kuda juga akan semakin bergairah dalam mengembangkan usaha nya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Aldiasnur mengatakan, pacu kuda Wisata Derbi 2017 yang dilaksanakan menjadi pacuan yang menarik. Sebab, kegiatan ini tidak hanya memperebutkan hadiah yang telah disediakan, tapi juga untuk pertama kalinya diberikan penghargaan kepada Joki dan pemelihara kuda terbaik.

“Kami bersyukur kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan sukses dan lancar yang disaksikan oleh ribuan pasang mata penonton. Dalam 2 hari pelaksanaan Bukittinggi Wisata derby 2017, Gelanggang pacuan kuda bukit  ambacang betul betul diramaikan oleh pengunjung, baik itu pengunjung yang datang dari wilayah Sumbar maupun yang datang dari Riau dan Jakarta,” ungkap Aldiasnur.

Menurutnya, dalam iven yang diselenggarakan diikuti oleh  84 ekor kuda dari berbagai daerah di Sumbar dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp.300 juta. Untuk pacuan kuda klas bergengsi yaitu Klas Derby 2017 yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp 100 juta pada Minggu diikuti 6 ekor kuda.

Kuda Mutiara Dupon milik Novian Yunus dari Payakumbuh berhasil keluar sebagai juara I. Untuk juara II direbut Kuda Sempati Nusa milik H.Erizal Ahmad dari Bukittinggi/Agam, dan Juara III Kuda Namira milik H. Andi Usman Manan dari Bukittinggi/Agam. Hadiah diserahkan langsung oleh walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top