Kesehatan

Kota Bukittinggi Diverifikasi Tim Pembina Kota Sehat Sumatera Barat

HaloBukittinggi : Dalam rangkaian verifikasi Swasti Saba Wistara 2017, tim pembina Kota Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (30/3/2017) melakukan pembinaan di Kota Bukittinggi.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova mengatakan, Bukittinggi menuju Kota Sehat merupakan sebuah pilihan. Karena sesuai dengan visi dan misi Wako dan Wawako 2016-2021, dan kesehatan menjadi salah satu hal penting dalam pembangunan kota.

“Untuk menuju Kota Sehat dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara, Pemko Bukittinggi telah mempersiapkan beberapa hal, antara lain, penilaian kawasan pemukiman saranan dan prasarana umum, kawasan lalu lintas yang tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, dan kawasan industri dan perkantoran yang sehat,” terangnya.

Disamping itu sambung Yuen Karnova, sebagai kota wisata, Bukittinggi harus menjadi kota yang sehat dan higienis, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan masyarakat juga diarahkan menuju kehidupan sehat yang mandiri. Lebih kepada perilaku yang mencerminkan sikap dan perilaku hidup sehat.

“Dengan upaya dan hasil nyata di lapangan dan intensifnya kerjasama masyarakat dan Pemko, ditargetkan dapat menjadikan Bukittinggi sebagai kota sehat, karena merupakan suatu pilihan yang harus ditingkatkan untuk mendapatkan penghargaan bergengsi itu,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua tim Penilai Nurma Lawati mengatakan, penghargaan Swasti Saba diberikan kepada pemerintah Kota/ Kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

“Swasti Saba Wistara adalah penghargaan tertinggi. Penghargaan kota sehat diharapkan bisa memberikan motivasi bagi pemerintah kota/kabupaten maupun masyarakat untuk membangun kepedulian dibidang kesehatan,” jelasnya.

Menurut Nurma Lawati, penetapan penerima penghargaan kota sehat setelah melalui verifikasi tim Provinsi Sumbar, dan diverifikasi ulang oleh Kementrian Kesehatan berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Untuk verifikasi di Kota Bukittinggi diturunkan tim yang berjumlah lima orang. Dokumen harus masuk ke pusat pada akhir April. Tujuan kedatangan bukan menilai tapi membina bagaimana kabupaten dan kota tersebut bisa masuk dan lolos tingkat pusat.

Nurma Lawati menambahkan, Kota Bukittinggi dinilai mampu menerima penghargaan Swasti Saba tertinggi. Langsung naik ke level tertinggi. Itulah yang dilihat tim ke Bukittinggi, dan Forum Kota Sehat diharapkan mengumpulkan kegiatan itu.

“Mudah-mudahan Bukittinggi terverifikasi dokumen pendukung nya untuk menerima penghargaan Swasti Saba Wistara. Semua indikator sudah didalam program masing-masing SOPD. Forum Kota Sehat hanya bertugas mengumpulkan. Termasuk inovasi-inovasi yang dimunculkan,” ulasnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top