Kesehatan

Waspada Kanker Rahim, TP-PKK Bukittinggi Dorong Perempuan Tes IVA

HaloBukittinggi : Untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker rahim yang sangat ditakuti kaum hawa, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Bukittinggi, mendorong perempuan di daerah itu melakukan Tes Inspeksi Visual Asam asetat (IVA).

Ketua TP-PKK Bukittinggi, Yesi Endriani, menjelaskan, tes IVA merupakan salah satu program yang difokuskan sosialisasinya dalam bulan bakti dasawisma, dan apabila dilakukan deteksi dini akan cepat diketahui dan diobati.

“Kanker rahim itu penyakit yang berbahaya, apalagi baru diketahui saat stadium lanjut, sulit diobati dan akan membutuhkan biaya besar, maka dari itu TP-PKK mewajibkan pengurus dan kader untuk mengikuti tes tersebut dan aktif melakukan sosialisasi melibatkan dasawisma dan posyandu,” jelasnya, Kamis (30/3/2017).

Yesi Endriani menambahkan, TP-PKK juga meningkatkan kerjasama dengan pemerintah daerah setempat mendorong setiap aparatur sipil negara (ASN) perempuan melakukan pemeriksaan dini mendeteksi kanker.

“Kami harapkan ASN dan para guru yang telah berusia 30 tahun atau yang telah bersuami, agar mengikuti tes itu dan menjadi contoh bagi warga lainnya bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan dalam tes IVA tersebut,” terangnya.

Saat ini sambung Yesi Endriani, terdapat sebanyak 20 tenaga medis di enam puskesmas untuk melayani tes IVA secara gratis. Maka dari itu diharapkan kepada kaum perempuan untuk dapat mengikuti program ini, karena pengobatan kanker rahim sangat sulit apalagi saat telah terlambat mengetahuinya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top