Kesehatan

PMI Bukittinggi Rangkul Palang Merah Remaja Untuk Aktif Mendonorkan Darah

HaloBukittinggi : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah setempat aktif berkegiatan.

Kepala Markas PMI Bukittinggi, Ahmad Jaiz di Bukittinggi, mengatakan, pihaknya menggiatkan kegiatan merangkul remaja mengaktifkan kegiatan PMR di sekolah-sekolah.

“Melalui PMR kami mendorong remaja aktif melakukan donor darah karena dengan itu dapat menjadi suatu kontrol bagi mereka agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” terangnya, Sabtu (25/3/2017).

Menurutnya, melalui donor darah rutin, dapat memantau kondisi kesehatan para remaja karena darah yang diambil sebanyak 250 sampai 350 cc akan diperiksa terlebih dahulu sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan pendonor.

“Saat ini hampir semua SMA dan sekolah sederajat sudah mengaktifkan kegiatan PMR. Jika mereka aktif berdonor, akan dapat terkontrol sejak dini dari bahaya narkoba. Setiap jangka waktu tertentu kami akan memantau kegiatan PMR di sekolah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya juga akan mengirim tenaga pelatih, menyosialisasikan manfaat donor darah dan bila memungkinkan dilakukan donor darah langsung di sekolah.

Ia menyebutkan melalui PMR, tidak menargetkan jumlah kantong darah yang terkumpul setiap bulan namun tujuan utama kegiatan itu agar informasi manfaat donor darah tersampaikan pada generasi muda.

“Donor darah dapat dilakukan oleh usia 17 hingga 60 tahun. Dapat dikatakan PMR merupakan perpanjangan tangan dari PMI yang akan menyampaikan informasi donor darah atau sekaligus menjadi pendonor,” ujarnya.

Diharapkan melalui peran PMR dapat membantu memenuhi kebutuhan darah di Bukittinggi yang mencapai 1.000 kantong setiap bulan.

“Kendala dalam ketersediaan darah, kadang tidak sesuai dengan darah yang dibutuhkan oleh pasien dan donor dari pendonor sukarela pun belum mencukupi sehingga melalui sosialisasi yang salah satunya dengan PMR ini dapat memberikan informasi lebih luas mengenai manfaat donor darah,” ujarnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top