Kesehatan

Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi Berikan Vaksin Gratis

Mengantisipasi penularan virus rabies, Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan pangan mengimbau masyarakat untuk membawa binatang peliharaannya untuk di suntik vaksin anti rabies.

Kabid Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Ahamd Fauzi, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan bersama UPTD Puskeswan, menyusul dengan adanya pemberian vaksin gratis secara massal yang dimulai sejak 20 Februari hingga 23 Maret 2017 mendatang.

“Program vaksin rabies secara massal tersebut untuk mewujudkan Bukittinggi bebas rabies di tahun 2018 mendatang, dan sebagai tujuan wisatawan, tentu saja kegiatan ini perlu dilakukan, karena Pemko Bukittinggi tidak ingin ada pengunjung yang datang yang menjadi korban gigitan hewan saat berkunjung ke kota ini,” ujarnya, Senin (13/3/2017).

Menurut Ahmad Fauzi, pihak Dinas Pertanian dan Pangan bersama UPTD Puskeswan yang terdiri dari sembilan orang petugas termasuk tiga dokter hewan, memberikan vaksin anti rabies tersebut kepada setiap hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing dan kera yang ada di 24 kelurahan.

“Sebelum turun ke rumah warga, tim terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan yang akan menjadi tujuan, dan Lurah menjadi perpanjangan tangan pada warganya. Kapan hari yang telah ditentukan untuk melakukan proses pemberian vaksin,” terangnya.

Jika tidak ada lagi warga yang datang membawa hewan peliharaan sambung Ahmad Fauzi, maka tim akan langsung mendatangi rumah mereka satu persatu dengan membagi tim yang terdiri dari masing-masing tim sebanyak dua orang.

“Pemberian vaksin gratis massal itu merupakan program dari Pemerintah Kota Bukittinggi, yang juga bekerja sama dengan pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat untuk mendapatkan vaksinnya, sedangkan dilapangan tim bekerja sama dengan pihak UPTD Puskeswan,” sambungnya.

Dari sembilan kelurahan yang telah dilakukan vaksinasi tambah Ahmad Fauzi, terdapat 156 ekor anjing, 753 ekor kucing, dan 6 ekor kera, serta untuk vaksinnya diletakkan stok di Puskeswan, saat akan menuju ke lapangan baru dibawa oleh tim yang bertugas. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top