Kesehatan

Peringatan HKN ke 52 di Bukittinggi Bertabur Penghargaan dan Prestasi

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 di Kota Bukittinggi bertabur penghargaan dan prestasi. Sejumlah penghargaan diberikan oleh Walikota Ramlan Nurmatias kepada tenaga kesehatan berprestasi tingkat Kota Bukittinggi.

Penghargaan itu diserahkan usai pelaksnaan upacara bendera dalam rangka peringatan puncak HKN ke 52 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Perintis Gulai Bancah, Senin (21/11/2016) kemarin.

Adapun penghargaan yang diserahkan kepada tenaga kesehatan berprestasi itu diantaranya, untuk kategori tenaga dokter umum/dokter gigi terbaik diraih Dr. Nana Marselina dari Puskesmas Rasimah Ahmad. Tenaga keperawatan terbaik diraih Rina Febriani, S.ST dari Puskesmas Rasimah Ahmad yang juga berhasil meraih juara III tenaga keperawatan terbaik tingkat Provinsi Sumbar.

Kategori tenaga gizi terbaik diraih Veronika Chintia, A.Mg dari Puiskesmas Nilam Sari yang juga peraih tenaga gizi terbaik Provinsi Sumbar. Kategori tenaga Kesmas terbaik Rahmi SKM dari Puskesmas Guguak Panjang. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terbaik diraih Puskesmas Rasimah Ahmad. Sementara Dokter Kecil Award terbaik diraih M.Hans Nafis dari SDN 04 Birugo.

Sebelumnya, upacara HKN ke 52 di Bukittinggi dipimpin langsung oleh Walikota M. Ramlan Nurmatias, dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), seluruh insan kesehatan se-Kota Bukittinggi, SKPD, stakeholder dan masyarakat.

Dalam amanatnya, M. Ramlan Nurmatias membacakan sambutan resmi Menteri Kesehatan RI  Prof. Nila Farid  Moeloek, Sp. M(K). Ramlan menyatakan, pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilakukan oleh semua bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Melaluui peringatan HKN tahun ini, diharapkan dapat menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus diberikan bagi pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Ramlan Nurmatias juga menyampaikan akan pentingnya keramahan tenaga medis dalam melayani masyarakat. Hal itu penting untuk ditingkatkan karena pelayanan yang ramah akan menjadi obat tersendiri bagi masyarakat. Hal itu ia sampaikan untuk segala tingkatan pelayanan kesehatan, baik itu puskesmas, kilinik, yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun di rumah sakit.

“Berikanlah senyuman kepada mereka sehingga kecemasan yang mereka rasa akibat penyakit yang dialami akan sedikit berkurang. Secara psikolosi senyum dan keramahan akan membuat seseorang nyaman dan bersemangat untuk mengunjungi pusat pelayanan kesehatan serta memeriksakan diri,” ujarnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top