Kesehatan

Bukittinggi Canangkan HKG PKK-KB Kesehatan

Pemerintah Kota Bukittinggi canangkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK-KB Kesehatan tingkat Kota Bukittinggi tahun 2016. Kegiatan pencanangan dilakukan oleh Walikota, Ramlan Nurmatias di kantor camat Mandiangin Koto Selayan (MKS).

Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Bukittinggi, Tati Yamarni mengatakan, HKG PKK-KB Kesehatan bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk yang berdampak pada kesejahterakan masyarakat. Sekaligus untuk memperkuat mitra kerja, antara Keluarga Berencana (KB), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan stakeholder terkait.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang dilaksanakan selama tiga bulan, mulai dari 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2016. Usai kegiatan pelaksanaan maka pada awal Januari 2017 akan dilanjutkan dengan penilaian Propinsi. Jika Bukittinggi menjadi terbaik ditingkat propinsi, maka akan dilanjutkan dengan penilaian tingkat nasional.

“HKG PKK KB Kesehatan juga merupakan rangkaian kegiatan yang terpadu dalam rangka menyambut hari kesehatan nasional dan hari kesatuan gerak PKK KB kesehatan. Tanpa adanya dukungan dan perhatian yang kuat dari Ketua TP PKK dan stakeholder terkait  maka kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar,” ungkap Tati yang juga sebagai ketua pelaksana.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyatakan sangat mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan itu, kerena pada dasarnya kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita mengharapkan Dasawisma sebagai ujung tombak PKK dapat memonitor kesehatan masyarakat. Seperti bagaimana sebenarnya kondisi pendidikan ditengah keluarganya, bagaimana kondisi remaja yang ada dalam keluarga dan bagaimana agar anak tumbuh sehat dan berkualitas,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Ny Yesi Ramlan mengatakan, dalam HKG PKK KB Kesehatan tingkat Kota Bukittinggi, akan dilaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya pelayanan KB serentak dengan kegiatan pemasangan Intra Uteri Device (IUD) dan Implant, penyuluhan tentang kesehatan terutama kesehatan reproduksi, serta bantuan Obgyn Bed ke Klinik KB dan Rumah Sakit Tentara Bukittinggi.

“Pelaksanaan manunggal bhakti PKK KB Kesehatan, akan berlangsung selama 3 bulan, mulai Oktober hingga Desember mendatang. Kita berharap agar semua target kegiatan yang dilaksanakan dapat tercapai, baik bidang kesehatan maupun mengaktifkan dasawisma yang ada.” ujarnya.(Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top