Kesehatan

Dua Puskesmas di Bukittinggi Bakal Diakreditasi Kementrian Kesehatan RI

Dua unit puskesmas di Kota Bukittinggi akan diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat setempat.

Ketua Tim Akreditasi dari Kemenkes RI, Syawaluddin di Bukittinggi, mengatakan, akreditasi itu merupakan program kementerian di mana hingga 2019 ditargetkan semua puskesmas telah terakreditas.

Menurutnya, dua puskesmas yang akan diakreditasi yakni Puskesmas Guguk Panjang dan Puskesmas Rasimah Ahmad dan akan dipantau mulai 10 hingga 12 Oktober 2016.

Selain untuk meningkatkan pelayanan, akreditasi juga dilakukan agar semua puskesmas di Indonesia sama standarnya dan menjamin keselamatan para pasien, meningkatkan perlindungan bagi tenaga medis saat bertugas dan bagi pasien saat berobat.

Diharapkan pula, akreditasi dapat mendorong meningkatkan kerjasama puskesmas dengan program maupun sektor lain di daerah.

“Hasilnya dapat diketahui dalam waktu tiga hingga enam bulan ke depan. Bila ada kekurangan, kami tentu sampaikan agar puskesmas dapat berbenah menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi M. Ramlan Nurmatias menyambut baik akan diakreditasinya dua unit puskesmas di daerah itu.

“Kami minta kepala kedua puskesmas terkait untuk memfasilitasi apa yang mungkin dibutuhkan tim selama melakukan kegiatan pengakreditasian tersebut,” ujarnya.

Ramlan Nurmatias berharapa, jelang 2019 sebanyak lima unit puskesmas lainnya di daerah itu dapat terakreditasi.

“Kesehatan merupakan salah satu program prioritas pemerintah sesuai visi dan misi. Kesehatan juga menjadi bidang penting karena dalam susunan organisasi perangkat daerah (SOPD) baru, urusan kesehatan berdiri sendiri di bawah Dinas Kesehatan,” jelasnya.(Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top