Ekonomi

Bulog Sub Divre Bukittinggi Optimalkan Penyaluran Raskin Untuk Keluarga Pra Sejahtera

HaloBukittinggi : Untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu terkait kebutuhan beras, Bulog Sub Divisi Regional (Divre) Bukittinggi optimalkan penyaluran beras untuk keluarga pra sejahtera (Rastra).

Dalam keterangannya Kepala Bulog Sub Divisi Regional Bukittinggi Sultani, Rabu (7/6/2017), mengatakan, Rastra merupakan program pemerintah pusat yang wajib dijalankan seluruh Perum Bulog, sehingga masyarakat kurang mampu yang masuk Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) dapat memperoleh beras dengan harga yang jauh dibawah pasaran.

“Hingga Mei 2017 ini, Bulog Sub Divre Bukittingi telah menyalurkan jatah Rastra bulan Januari dan Februari sebanyak 87.240 kilogram beras pada 2.908 Rastra di Kota Bukittinggi, sementara untuk alokasi Rastra bulan Maret dan April juga dalam proses jelang disalurkan,” jelasnya.

Menurut Sultani, RTSPM di Kota Bukittinggi tercatat 2.908 keluarga, dengan rincian 523 keluarga di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), 1.452 keluarga di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dan 933 keluarga di Kecamatan Guguk Panjang.

“Aturan pendistribusian Rastra masih sama dengan tahun lalu, setiap RTSPM mendapat jatah 15 Kg Beras, dengan harga jual perkilogram Rp 1.600, dan beras yang disalurkan itu berkualitas medium, yang kualitasnya tidak jauh dibawah beras yang diperjualbelikan pedagang di pasaran,” jelasnya.

“Untuk sistematika penyaluran sambung Sultani, Bulog bersama tim koordinasi Rastra pada setiap kecamatan melakukan pengecekan kualitas beras agar yang sampai pada setiap RTSPM, sebagai bentuk antispasi apabila Beras yang telah menjadi hak warga kurang mampu ini sampai ke tangan keluarga bersangkutan,” ujarnya.

Sultani berharap, penyaluran Rastra di Kota Bukittinggi berjalan lancar dan tepat sasaran pada seluruh RTSPM, sehingga mereka mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga, sekaligus dalam hal ini Bulog menargetkan dapat menjaga kestabilan harga beras di pasaran. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top