Ekonomi

Pantauan Pasar, Harga Kebutuhan Pokok di Bukittinggi Masih Relatif Normal

HaloBukittinggi : Untuk mengetahui perkembangan harga kebutuhan pokok menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah, Pemerintah Kota Bukittinggi, Rabu (24/5/2017), melaksanakan pantauan ke pasar tradisional.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi, mengatakan, sejumlah sembako yang ditanyakan langsung pada pedagang di lokasi Pasar Bawah, masih dalam kondisi normal, belum ada kenaikan yang signifikan.

“Harga kebutuhan pokok dan distribusinya masih stabil, tidak ada gejolak kenaikan harga, begitu juga stok barang masih dapat memenuhi kebutuhan pembeli, dan untuk menjaga kestabilan harga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan rutin melakukan pengawasan dilapangan,” jelasnya.

Menurut Irwandi, informasi dari pedagang juga menyatakan stok barang kebutuhan pokok ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan hingga Lebaran Idul Fitri nanti, namun demikian kondisi ini akan terus dipantau, sehingga tidak ada pedagang yang sengaja menimbun bahan kebutuhan pokok yang menyebabkan fluktuasi harga.

“Untuk harga cabe saat sekarang ini, pedagang menjual Rp 20.000 per kg. Bawang merah Rp16.000 per kg, tomat Rp9.000 per kg, ayam Rp24.000 per kg, telur ayam ras Rp1.300 per butir, daging sapi Rp130.000 per kg,” tukasnya.

Sementara itu sambung Irwandi, harga gula masih Rp13.000 per kg, dan beras dengan kualitas bagus masih berkisar Rp 13.000 per kg.

Irwandi berharap, tujuan Pemko Bukittinggi memantau harga kebutuhan pokok ini untuk menjaga kestabilan perekonomian, masyarakat sebagai pedagang tidak merugikan masyarakat pembeli, dan diharapkan harga tetap stabil, sehingga daya beli konsumen tetap terjaga. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top