Ekonomi

Ketua TP PKK Bukittinggi Bagikan 6.500 Bibit Cabe

Gerakan keluarga bertanam cabe di Kota Bukittinggi ditabuh. Sebanyak 6.500 bibit cabe digulirkan kepada masyarakat melalui kelompok dasawisma. Pencanagannya dilakukan langsung Ketua TP-PKK Yesi Endriani, Sabtu (11/2/2017) di areal Kelompok Tani Sakato Jirek Kecamatan Mandiangin Koto Salayan.

Kepala Dinas Pertanian Bukittinggi Melwizardi, mengatakan, bibit cabe tersebut merupakan bantuan Tim Penggerak PKK Sumbar. Sumber dananya APBN. Pembibitan dilakukan Balai Pengkajian Teknlogi Pertanian (BPTP) Sukarami.

Masing-masing kelompok dasawisma mendapat sepuluh batang cabe. Penyerahan simbolis diberikan kepada tiga kelompok mewakili tiga kecamatan.

Menurut Melwizardi, pemberian bibit cabe gratis  merupakan program strategis pemerintah untuk mengurangi inflasi, dan agar harga cabe tidak lagi pedas. Dengan menanam sepuluh batang cabe di halaman rumah akan dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Program gerakan menanam cabe menurut Yesi Endriani merupakan upaya pemerintah mendukung ketahanan pangan untuk penguatan ekonomi keluarga. Selain itu juga tindak lanjut dari edaran Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang meminta setiap masyarakat menanam cabe di pekarangannya.

Yesi Endriani berharap di  masing-masing anggota dasawisma setiap kelurahan menanam cabe di pekarangan dan merawat dengan baik dan nantinya  tidak selalu mengharapkan bantuan pemerintah tetapi dengan membudidayakan sendiri. Selain anjuran tanam cabe di pekarangan juga diimbau seluruh kader PKK dan kelompok dasawisma menanam selederi, bawang prei, tomat dan bawang merah.

Sementara itu Kepala Bidang Ketahanan Pangan Ardiwan Azis mengatakan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan bibit cabe nantinya bisa menghubungi kantor kecamatan atau kelurahan. Apabila bantuan tidak mencukupi telah menyiapkan melalui penganggaran dana APBD.

“Selain cabe juga diberikan bibt sayur dan bawang, sehingga semua areal pekarangan terisi tanaman bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Seiring itu pihaknya terus menyososialisasikan cara tanam dan merawat agar cabe tumbuh dengan buah lebat dan hasil yang memuaskan tanpa hama penyakit,” jelasnya. (Dipra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top