Ekonomi

Tanam Padi Serentak di Bukittinggi Guna Wujudkan Swasembada Pangan

Walikota Bukittinggi yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ismail Djohar menghadiri Gerakan Tanam Padi Serentak, Sabtu (11/2/2017) di hamparan sawah Kelompok Tani Sakato Jirek Kelurahan  Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi.

Kegiatan yang bertemakan “Tanam Padi Serentak di Wilayah Kodim 0304/Agam dalam rangka mewujudkan Indonesia Swasembada Pangan” dihadiri oleh Mayor Inf M.Kasni, Edi Arman dari Dinas Pertanian dan Hortikultura Prop.Sumbar, Kadis Pertanian Bukittinggi Melwizardi, Ketua TP PKK Yesi Ramlan, Camat dan Lurah serta Kelompok Tani se-Bukittinggi.

Sisten Ekonomi dan Pembangunan Ismail Djohar mengatakan, Gerakan Tanam Padi Serentak ini suatu upaya untuk meningkatkan hasil dari pertanian karena dengan penanaman serentak akan dapat mengurangi hama padi dibandingkan dengan tanaman padi perkelompok.

“Tanam padi serentak ini suatu alternative yang sangat pas untuk dapat mencapai Swasembada Pangan dan Ketahanan Pangan Nasional,” tukasnya.

Menurut Ismail Djohar, Indonesia pernah swasembada pangan beberapa tahun yang lalu tetapi saat ini kita malah mengimpor beras, kita berharap dengan pola tanam serentak yang dicanangkan oleh pemerintah ini akan kembali tercapai Swasembada Pangan yang kita harapkan.

“Bukittinggi yang hanya memiliki 380 Ha sawah ini agar dapat kita pertahankan, dan kita tidak lagi akan mengizinkan pengembang untuk mengolah sawah menjadi perumahan dalam jumlah yang banyak,” terangnya.

Ismail Djohar mengucapkan terima kasih kepada TNI melalui Perwira Penghubung Kodim 0304/Agam Mayor Inf M.Kasni yang langsung turun kelapangan dan menginstruksikan Babinsa Kodim 0303/Agam melaksanakan kegiatan pengawalan dan pendampingan Kelompok Tani sampai panen.

Sementara itu Dandim 0304/Agam yang diwakili oleh Perwira Penghubung Mayot Inf M.Kasni menyampaikan bahwa pada hari ini dilingkungan Kodam I melaksanakan Gerakan Tanam Padi Serentak bertujuan untuk mewujudkan Swasembada Pangan yang akan meningkatkan Ketahanan Nasional, dan merupakan program Menteri Pertanian dengan Panglima TNI AD, kami TNI siap bersama rakyat dan mendampingi petani sampai sukses dan memaksimalkan program swasembada pangan, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan 6500 Bibit Cabe yang merupakan bantuan dari pusat oleh Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Yesi Ramlan kepada perwakilan Kelompok Dasa Wisma di 3 Kecamatan.

Dalam sambutannya Yesi Ramlan mengajak kepada semua Kelompok Dasa Wisma agar memelihara cabe yang telah diberikan dengan baik dan untuk tidak selalu mengharapkan bantuan nantinya namun dengan melakukan pembudidayaan tanaman itu sendiri, ujarnya.

“Pada tanggal 28 Februari 2017 nanti, Ibu Negara akan mencanangkan Bulan Bhakti Dasa Wisma dengan agenda Deteksi Kanker Mulut Rahim, untuk itu ia mengajak seluruh kelompok Dasa Wisma agar lebih awal melakukan pemeriksaan dini ke Puskesmas karena lebih awal mengetahui akan mudah mengobati karena kita menyadari bahwa Sehat itu Mahal,” terangnya. (Dipra)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Copyright © 2016 HaloBukittinggi

To Top